Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Perkembangan
konsep asam dan basa
·
Indikator
·
pH asam lemah, basa lemah, dan pH asam kuat basa kuat
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk
memahami teori asam dan basa, indikator alam dan
indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa kuat)
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan adakah bahan-bahan disekitar kita yang dapat berfungsi sebagai indikator
· Apa perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah
dengan basa kuat
Mengumpulkan data (eksperimenting)
· Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius,
Bronsted Lowry dan Lewis
· Mendiskusikan bahan alam yang dapat diguna-kan sebagai indikator
· Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan indikator alam dan
indikator kimia, untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan
indikator alam dan indikator kimia.
· Mendiskusikan perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa
kuat
· Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa
kuat yang konsentrasinya sama dengan indikator universal atau pH meter untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya
sama dengan indikator universal atau pH meter
· Mengamati dan mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
· Menyimpulkan konsep asam basa
· Mengolah dan menyimpulkan data bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator.
· Menganalisis indikator yang dapat digunakan untuk
membedakan asam dan basa atau titrasi asam dan basa
· Memprediksi pH larutan
dengan menggunakan beberapa indikator.
· Menyimpulkan perbedaan asam /basa lemah dengan asam/basa
kuat
· Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
· Menghubungkan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat untuk
mendapatkan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi ( Ka )
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengkomunikasikan bahan alam yang dapat digunakan
sebagai indikator asam basa
|
Tugas
· Merancang percobaan
indikator alam dan indikator kimia
· Merancang percobaan kekuatan asam dan basa
Observasi
· Sikap ilmiah dalam
melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Pemahaman konsep asam basa
· Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
· Menganalisis kekuatan asam basa dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka )
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan
serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||
Menunjukkan
perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
Menganalisis
sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
|
|||
Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang
tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.
|
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri” .
Jumat, 05 Desember 2014
Silabus Materi Perkembangan Asam Basa
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar