Jumat, 05 Desember 2014

Silabus Materi Perkembangan Asam Basa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·     Perkembangan konsep  asam dan basa
·     Indikator
·     pH asam lemah, basa lemah, dan  pH asam kuat basa kuat

Mengamati (Observing
·     Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam dan basa, indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa kuat)
Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan adakah bahan-bahan disekitar  kita yang dapat berfungsi sebagai indikator
·    Apa perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa kuat
Mengumpulkan data (eksperimenting)
·     Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis
·     Mendiskusikan bahan alam yang dapat diguna-kan sebagai indikator
·     Merancang dan mempresentasikan rancangan  percobaan indikator alam dan indikator kimia, untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan indikator alam dan indikator kimia.
·     Mendiskusikan perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat
·     Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama dengan indikator universal atau pH meter untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya sama dengan indikator universal atau pH meter
·    Mengamati dan mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·     Menyimpulkan konsep asam basa
·     Mengolah dan menyimpulkan data bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator.
·     Menganalisis indikator yang dapat digunakan untuk membedakan asam dan basa atau titrasi asam dan basa
·     Memprediksi pH larutan dengan menggunakan beberapa indikator.
·     Menyimpulkan perbedaan asam /basa lemah dengan asam/basa kuat
·     Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·     Menghubungkan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat untuk mendapatkan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi ( Ka )

Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengkomunikasikan bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa
Tugas
·     Merancang percobaan indikator alam dan indikator kimia
·     Merancang percobaan kekuatan asam dan basa

Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume
      dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan

Tes tertulis uraian
·     Pemahaman konsep asam basa
·     Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·     Menganalisis kekuatan asam basa dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka )

Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar